Posted by : Unknown Rabu, 25 Maret 2015

SEJARAH BERDIRINYA IMM PONOROGO
Masa pra meletusnya G30 S PKI ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi pemuda baik itu oraganisasi politik maupun organisasi kemasyarakatan melihat kondisi yang sedemikian, maka saat itu didirikanya IMM ponorogo pada tahun 1963, yang dimotori oleh Mahmud Sayuti BA, Nur wathoni, dan mawardi yang ketiga-tiganya bukan mahasiswa muhammadiyah. Pada thn 1966 terjadi pergantian pengurus ketuanya dijabat oleh samalun sedang pengurus yang lain yaitu suryono, budi wibowo dllnya.
Pada masa 1966 kegiatan aksi dari mahasiswa timbul dimana-mana, saat itu pula IMM menggabungkan diri pada Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia ( KAMI). Sentral kegiatan IMM pada waktu itu bertempat dikantor Muhammadiyah daerah jalan hayam wuruk ponorogo. Kegiatan-kegiatan yang pernaH dilakukana adalah mengadaakan teraining-training, mengikuti rapat kerja KAMI dimalang, solo serta kota besar lainya. Dalam kegiatanya IMM ponorogo pernah megirimkan 4 orang konferensi IMM disolo dan surabaya, juga pada tahun 1971 mengirimkan 2 orang untuk mengikuti munas dibanjarmasin. Keanggotaan IMM pada waktu itu masih relatif kecil, hal ini dikarenakan kodisi pada waktu itu putra-putri Muhammadiyah yang berpredikat mahasiswa memeng masih sedikit kebanyakan mereka kuliah diluar ponorogo. Perlu dicatat pada masa itu mahasiswa E.C IKIP negri surabaya di Ponorogo universitas 17 agustus ( UNTAG) maupun Universitas merdeka ( UNMER ) kebanyakan bergabung ke GMNI ( gerakan mahasiswa nasional indonesia ) sehingga mampu mengibarkan bendera IMM di perguruan tinggi tersebut adalah suatu kebanggaan tersendiri sebab tidak sedikit hambatan-hambatanya bahkan pernah menyampaikan resolusi/usulan kepada pimpinan E.C IKIP negri surabaya di ponorogo, agar waktu-waktu shalat hendaknya dihormati, serta meminta satu lokal khusus untuk Mushala kampus dan alhamdulillah usaha tersebut berhasil. Disamping kegiatan-kegiatan tersebut diatas, juga aktif didalam kegiatan dakwah Islamiyah, baik yang berupa interen dan ekteren. Hubungan IMM dengan pejabat khususnya KODIM 08 05 ponorogo berjalan dengan baik sehingga keberadaan IMM masa itu juga ikut diperhitungkan, khususnya dalam pengambilan keputusan-keputusan tentanga kegiatan-kegiatn aksi mahasiswa.
Periode berikutnya, pimpinan IMM di pegang oleh Syamsudin BA, yang kegiatannya antara lain:
Melaksanakan kasih sayang terhadapa mahasiswa baru UMP Melaksanakan darul arqom tingkat madya bagi anggota IMM Mengadakan kegiatan bakti sosial antara lain dalam bentuk membagi-bagikan daging kurban kepada masyarakat yang tinkat ekonominya masih rendah dan rawan agamanya Mengirimkan utusan untuk mengikuti raker IMM tingkat wilayah jawa timur.
Kepemimpinan Syamsudin BA selanjutnya diganti oleh muhammad lutfi dibantu oleh Imam Suhadi sebagai sekretaris. Dalam masa kepengurusan muhammad lutfi ditandai dengan kegiatan-kegaitan dakwah terpadu, pondok ramadhan, Darul Arqam mengikuti aktifitas-aktifitas muaktamar dsb.


Part 2 
Bermula dari bapak Sarlan dan bapak Sunarto yang selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo saat itu diutus oleh Pembantu Rektor Tiga untuk mengikuti Musyawarah Daerah (Musyda) IMM di Malang pada tahun 1985 .Dalam Musyda tersebut beliau berdua mendapat materi ke IMM-an dan mendapat instruksi dari Senior Pimpinan Wilayah IMM Jawa Timur untuk mendirikan IMM di Ponorogo. IMM merupakan pembinaan kader Muhammadiyah di lingkungan mahasiswa jadi perlu didirikan IMM di Kabupaten Ponorogo. Sesudah pulang dari Musyda IMM di Malang, bapak Sarlan dan teman-teman mengumpulkan senat-senat di setiap Fakultas Unmuh Ponorogo untuk musyawarah mendirikan IMM. Setelah IMM terbentuk maka dipilihlah bapak Lutfi dari Fakultas Ekonomi sebagai ketua umum pertama PC IMM Ponorogo sedangkan bapak Sarlan sendiri menjadi Ketua Bidang Dakwah PC IMM Ponorogo. Program yang pertama dari PC IMM Ponorogo adalah menyatukan almamater semua fakultas menjadi merah atau jas merah yang semula almamater setiap Fakultas di Unmuh Ponorogo berbeda satu sama lain.     

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Silahkan Cari di Sini
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © PC IMM PONOROGO - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -